PATROLI SUKABUMI.CO.ID--Hari Rabu tanggal , 4 Desember 2024 bertempat dilokasi Pendopo Sukabumi .Sekda H.Ade Suryaman.SH.MM yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi memimpin rapat koordinasi penanggulangan bencana alam dampak dari curah hujan yang tinggi selama 2 hari berturut turut ( tanggal 3 s.d 4 Desember 2024). Rakor dilaksanakan sebagai respon cepat terhadap laporan laporan kejadian bencana dari kecamatan maupun dari P2BK kepada Pusdalops BPBD kabupaten sukabumi.
Dalam kesempatanya Sekda Ade mengatakan “Saya memberikan
arahan terkait antisipasi dan penanganan dampak bencana, Saya mengintruksikan
kepada seluruh jajaran pemerintah daerah terutama BPBD agar mengerahkan semua
potensi yang dimiliki untuk melakukan penanganan.Tetap waspada terhadap
kemungkinan bencana yang mungkin bisa terjadi, disamping melakukan Langkah
langkah pertolongan terhadap korban bencana, utamakan keselamatan jiwa dan proses penyaluran logistic bagi korban.
Saya juga menginstruksikan untuk segera dibuat posko penanggulangan bencana,
yang rencananya dibuka di pendopo
palabuhanratu.Pembuatan posko bencana merupakan salah satu Upaya dalam
percepatan informasi , data dan pusat komando dalam mengorganisasi semua
stakeholder dalam rangka penanggulangan korban bencana secara terpadu, termasuk
pusat penyaluran bantuan bagi para korban”Ungkap Sekda Ade .
Sementara itu Kepala dinas sosial kab. sukabumi Wawan
Godawan menjelaskan” bahwasanya dinas sosial prov jawa barat akan memberikan bantuan. Sedangkan dari
kemensos RI melalui sentra phala martha akan memberikan bantuan berupa selimut,
kasur dan bahan makanan siap saji. Termasuk tenda juga akan disiagakan menunggu
titik titik yang memerlukan tenda.Kami akan terus melakukan pendataan korban
bencana untuk mengetahui secara pasti
kebutuhan para pengungsi. Data Pengungsi masih terus kami olah seperti ibu
hamil. Balita, bayi dan pengungsi lanjut
usia sehingga pemenuhan kebutuhan pengungsi sesuai dengan kondisi.Sebagai
informasi Sk tanggap darurat tersebut yaitu:
1. 300.2.1/Kep.930-BPBD/2024 tanggal 4 desember 2024
Tanggap darurat bencana banjir
2. 300.2.1/Kep.931-BPBD/2024
tanggal 4 desember 2024 Tanggap darurat pergerakan tanah
Untuk Posko Induk bertempat. Di pendopo palabuhanratu.Dengan komandan posko
dandim 0622, termasuk disediakan layanan informasi melalui media center
serta pencatatan data logistik. Untuk
tempat logistik di
kantor BPBD cikembang Serta penditribusian dilakukan melakui posko
lapangan.”Ungkapnya.*(GUNTA)